Mutiara Kata Mutiara Kata

Share on Tumblr Hasan Basri ra berkata: "Andaikan tidak ada para wali maka akan sirna bumi serta isinya. Seandainya tidak ada orang-orang soleh nescaya celakalah orang-orang buruk. Seandainya tidak ada ulama', maka semua manusia menjadi seperti binatang. Seandainya tidak ada pemerintah, maka satu sama lain akan saling musnah-memusnahkan. Seandainya tidak ada orang-orang dungu maka dunia rosak, seandainya tidak ada angin maka akan busuklah segala sesuatu."


Yahya bin Muadz ra berkata: "Merupakan gurur (suatu penipuan terhadap diri sendiri) terbesar menururtku adalah: Terus-menerus dalam berbuat dosa serta mengharap ampunan tanpa menyesalinya (dosa tersebut), berharap dekat kepada Allah tanpa berbuat ketaatan, menunggu tanaman syurga dengan benih neraka, mencari negeri orang-orang yang taat dengan maksiat, menunggu balasan tanpa amal, berangan-angan kepada Allah disertai berlebih-lebihan."


Seorang Sufi ditanya: Apakah seorang hamba mengetahui jika bertaubat bahwa taubatnya diterima atau ditolak? Sufi tersebut menjawab: "Aku tidak dapat memastikannya. Namun ada tanda-tandanya: 1. Dia melihat dirinya tidak ma'sum (terpelihara) dari maksiat, 2. Melihat ada dominasi kegembiraan di hatinya tetapi kesedihan lebih banyak hadir, 3. mendekati orang-orang baik dan menjauhi kelompok buruk, 4. merasa banyak dunia yang sedikit (bersifat qanaah dan bersyukur kepadaNya) 5. merasa sedikit amal akhirat yang banyak dilakukan (mengakui kelemahan diri dalam kehambaan kepadaNya) 6. melihat hatinya selalu sibuk dengan hal-hal yang dijamin Allah dan melepaskan perhatian dari hal yang tidak dijamin (qanaah, redha dan tawakkal kepadaNya), kemudian ia menjaga lisan, senantiasa berfikir dan selalu merasa kurang puas hati dengan diri sendiri dan sentiasa sedih (dalam menagisi kelemahan diri). Mutiara Kata Mutiara Kata

7 Komen:

Tanpa Nama berkata...

menyintai nda semesti nya memiliki TETAPI memiliki sudah pasti menyintai..

Tanpa Nama berkata...

bahkan cinta pun dapat menjadi berhala....

Adhien Grace berkata...

top bgetz

Tanpa Nama berkata...

demonzzzz

Tanpa Nama berkata...

wuahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

Tanpa Nama berkata...

cinta sesama manusia adalah cinta buta ,
akan tetapi , cinta kepada allah adalah cinta yg kekal abadi!..
:)

Tanpa Nama berkata...

mengapa cinta kepada allah adalah cinta yg kekal abadi...???,,, sedangkan kita sebagai manusia awalnya di ciptakan dari allah menurut gambar dan rupa kita sebagai manusia, yg menciptakan kita dengan dua unsur perbedaan yaitu : 1.pria 2.wanita,,,,apa betul cinta sesama manusia itu buta,, klu memang demikian mengapa kita harus di ciptakan....???

Selepas Baca, Sila Komen

Artikel Terkini

Disclaimer: Blog ini ibarat 'scrap book' saya. Di sini saya kumpul artikel yang saya gemari di akhbar, majalah dan internet berkaitan CINTA. Artikel-artikel ini bukan ditulis oleh saya tetapi sekadar koleksi peribadi dan diharapkan dapat memberi manfaat kepada semua yang membaca.